Sabtu, 29 Desember 2012

Mau Dapat Buku Gratis? Tulislah Resensi!*


Mungkin dari kita banyak yang menganggap menulis resensi ya hanya gitu-gitu saja, nggak ada yang lebih, nggak wow! Termasuk saya pun begitu, tapi itu duluuu. Sekarang saya cukup rajin menulis resensi. Salah satu alasannya, bisa dapat buku gratis dari penerbit. Enak nggak nih?

Soal honor juga enak lho. Kalau resensi dimuat di media cetak,  ada beberapa penerbit yang memberi fee selain buku gratis. Ditambah lagi jika dimuat media cetak yang memberi honor, tambah deh uangnya. Selain itu kalo media cetak yang memuat tulisan saya itu bisa saya jangkau, saya bisa memberikan bukti cetak dimuatnya tulisan saya di sebuah media (koran) kepada kemahasiswaan UMM untuk ditukar dengan uang apresiasi dari kampus (di kampus teman-teman juga begitu? :)) . Wah, udah ada tiga tempat yang bisa menjadi tempat penghasilan saya ya :) hehehe….

Saya ingin berbagi apa yang saya tahu tentang resensi kepada sahabat Blogers.

Berikut pengalaman saya dalam menulis resensi:

1. Memilih buku baru untuk diresensi. Misalnya sekarang tahun 2012, kita pilih buku-buku terbitan tahun 2012. Karena semua media cetak hanya memuat resensi buku yang baru. Kalau media online ada juga yang memuat resensi buku-buku lama misalnya, Rimanews.com.

2. Membaca buku sampai selesai dengan teliti dan serius (khusus pemula dan saya masih begini, kalau mas M. Iqbal pasti sudah gak perlu dibaca sampe selesai tuh). Jangan sampai ada kata yang terlewatkan. Catat kesalahan tulis kata, EYD, tanda baca. Juga kata-kata atau kalimat yang menarik yang mungkin bisa dijadikan menjadi salah satu paragraf dalam resensi.

3. Selesai membaca segeralah untuk menulis resensinya, agar tidak kedahuluan resensor lain menulis resensi buku yang sama. Ini bukan tidak mungkin, dan ini cukup sering saya alami, kedahuluan orang.

4. Cara saya menulis resensi:

a. Jika buku kumpulan tulisan dengan satu tema sama, saya meringkas semua tulisan itu sebagai isi resensi. Kadang pula saya hanya mengambil beberapa bagian yang menarik untuk saya ceritakan dalam resensi. Jika novel, saya menceritakan dengan singkat isi novel.

b. Karena resensi buku tidak hanya sekedar mereview sebuah buku. Maka di dalamnya juga ada sanjungan kelebihan sebuah buku, kritik dan saran terhadap sebuah buku. Juga perbandingan dengan buku bertema sama yang ditulis penulis lain, buku-buku yang ditulis oleh penulis yang sama. Termasuk juga resensi resensor lain tentang buku yang kita resensi di media lain mungkin ada kesalahan resensi atau kesalahan pengambilan data dalam buku yang dia resensi, maka kita perbaiki dalam resensi yang kita tulis.

c. Soal judul memang biasanya agak lama saya berfikir mencari yang menarik. Karena menjadi kepala tulisan menjadi awal sebuah resensi akan dibaca atau tidak. Biasanya saya mengambil salah satu sub judul di kumpulan tulisan yang saya resensi. Biasanya juga mencari tema pokok sebuah buku yang diracik menjadi judul yang menarik.

5. Setelah jadi kirimlah ke media cetak dahulu, kemudian jika lama tak ada kabar kirimlah ke media online saja. Cukup banyak media online yang menerima naskah resensi dari penulis lepas.

6. Nah, bila sudah ada resensi kita yang dimuat di sebuah media, baik cetak atau online. Kirimlah email ke email penerbit buku yang Anda resensi. Dengan isi bahwasanya resensi karya Anda tentang buku terbitan penerbit tersebut dimuat di media blab la bla. Misal ini yang biasanya saya kirim :
Kepada: Yth. Penerbit Metagraf (Tiga Serangkai) Pak Kurniawan. di Tempat

 Assalamu’alaikum Wr. Wb


 Bersama ini penulis kirimkan link http://annida-online.com/artikel-6468-pengusaha-emperan-penghasilan-milyaran.html Resensi yang berjudul Pengusaha Emperan Penghasilan Milyaran yang dimuat di Annida Online 19 Desember 2012. Saya sertakan juga softfilenya.


Resensi tersebut merupakan resensi atas buku terbitan Metagraf, yang berjudul: Emperpreuner, karya Wahyu Liz Adaideaja. Besar harapan penulis, pihak Tiga Serangkai dapat melanjutkan kerjasama dibidang peresensian ini. Untuk itu penerbit dapat mengirimkan buku terbitan terbaru kepada penulis untuk diresensi atau dalam bentuk yang lain. Gajah Mada yang 1,2,3 kalau ada boleh yang lain juga. Terima kasih :)

Berikut biodata saya, bila diperlukan:

Muhammad Rasyid Ridho Alamat di Malang (Rumah bapak Kontrakan): Jln. Kamidin No. 30 Dermo Malang. (Rumah Pak Sarkam Warung Rujak Cingur) HP: 087857574521

 No Rek BNI cabang UMM an M.Rasyid Ridho 0202737477
 
Demikian surat ini penulis sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya penulis sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Salam Hormat, Penulis,

Muhammad Rasyid Ridho

7. Terakhir, Taraaa! selamat menunggu kiriman buku gratis sampai ke rumah Anda :)

NB:
1. Tidak semua penerbit memberikan buku ketika resensi terhadap buku terbitannya dimuat di sebuah media. Tidak semua penerbit memberi buku, ketika salah satu buku terbitannya kita resensi di media online, jadi mereka hanya memberi buku gratis jika resensi buku dimuat di media cetak.

Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat yaa :)

*Bahan diskusi ketika jadi dosen tamu di Komunitas Taraje.

4 komentar:

  1. Kak, itu kirim naskahnya kemana aja? kasi link atau alamatnya bisa gak ka? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diliat saja mana saja tulisan saya dimuat :)

      Hapus
  2. alamat apa nih yang dimaksud? Alamat media yang memuat resensi buku? :)

    BalasHapus